Mandiri Sahabat Difabel Jogja Inisiatif Progresif Pelatihan Kompetensi Digital Penyandang Disabilitas

“Mandiri Sahabat Difabel Jogja” adalah sebuah inisiatif progresif dalam bentuk program pelatihan khusus bagi para difabel untuk mendukung visi inklusif dan kesetaraan yang lebih luas bagi penyandang disabilitas, memungkinkan mereka untuk memainkan peran yang lebih bermakna dalam masyarakat. Program pelatihan ini secara khusus dirancang untuk memberikan kesempatan kepada mereka untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta membuka pintu yang setara terhadap berbagai peluang karir dan usaha yang sejauh ini mungkin dirasa terbatas. Dengan Mandiri Sahabat Difabel, kami percaya bahwa setiap individu memiliki potensi yang unik dan tak terbatas, dan kami berkomitmen untuk mendukung setiap langkah mereka dalam meraih kemandirian dan kesuksesan.

Mandiri Difabel Jogja berkolaborasi dengan DIFABIKE sebuah UMKM dari komunitas difabel Jogja yang menyediakan layanan ojek online. Dipimpin oleh Triyono, DIFABIKE telah merekrut lebih dari 100 driver dari kalangan sahabat disabilitas dan mereka yang memiliki keluarga disabilitas. Sebagai pencapaian membanggakan, DIFABIKE menjalin kemitraan dengan Dinas Koperasi UKM DIY melalui SiBakul Jogja sebagai mitra pengantaran program MarketHUB Free Ongkir

Mendorong Kemandirian Difabel: Mandiri Sahabat Difabel Jogja Menggelar Pelatihan Keahlian di Berbagai Bidang Teknologi Kreatif

Di tengah semangat inklusi dan kesetaraan, Mandiri Sahabat Difabel Jogja membawa terobosan dengan menyelenggarakan pelatihan keahlian untuk difabel. Inisiatif ini bertujuan tidak hanya untuk memberikan keterampilan teknologi kreatif kepada para peserta, tetapi juga untuk membuka peluang-peluang baru bagi mereka dalam dunia digital yang terus berkembang.

Pelatihan Keahlian yang Ditawarkan:

 1. Animasi dan Iklan Kreatif:
Dalam era di mana visualisasi memainkan peran penting dalam pemasaran dan hiburan, pelatihan animasi dan iklan kreatif menjadi langkah yang signifikan. Para peserta akan diajak untuk menggali kreativitas mereka dalam menciptakan animasi yang menginspirasi dan iklan yang efektif.

2. Pengembangan Aplikasi Mobile:
Dengan peningkatan penggunaan perangkat seluler, keterampilan pengembangan aplikasi mobile menjadi semakin berharga. Peserta pelatihan akan diberikan pengetahuan dan keterampilan praktis untuk menciptakan aplikasi mobile yang dapat memenuhi kebutuhan pasar.

3. Pengembangan Aplikasi Web:
Pentingnya keberadaan bisnis dan informasi di dunia maya membuat pengembangan aplikasi web semakin krusial. Melalui pelatihan ini, peserta akan memperoleh dasar-dasar dan keterampilan lanjutan dalam mengembangkan aplikasi web yang responsif dan fungsional.

4.  Digital Marketing:
Dalam dunia yang terus bergerak menuju digital, pemahaman tentang digital marketing menjadi kunci sukses. Peserta akan diajarkan strategi-strategi pemasaran digital yang efektif untuk mempromosikan produk atau layanan secara online.

5. Podcast:
Podcast telah menjadi media populer untuk berbagi informasi dan hiburan. Peserta pelatihan akan mempelajari seni pembuatan podcast, mulai dari perencanaan hingga produksi, untuk menciptakan konten yang menarik dan relevan.

Filosofi Mandiri Sahabat Difabel Jogja:

Mandiri Sahabat Difabel Jogja bukan hanya sekadar penyelenggara pelatihan. Lebih dari itu, kegiatan ini melibatkan DIFABIKE sebuah komunitas difabel dalam pengambilan keputusan dan perencanaan program. Filosofi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang inklusif, memastikan bahwa setiap peserta merasa dihargai dan mampu berkontribusi.

Dampak Positif:

1. Kemandirian Ekonomi:
Dengan keterampilan yang diperoleh, peserta dapat mengembangkan usaha kecil mereka sendiri atau bergabung dengan industri kreatif yang berkembang pesat.

2. Inklusi Sosial:
Melalui pelatihan ini, Mandiri Sahabat Difabel Jogja tidak hanya memberikan keterampilan, tetapi juga membantu membangun jaringan dan hubungan sosial, membuka pintu inklusi dalam masyarakat.

3. Penyebaran Kesadaran:
Inisiatif seperti ini membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang potensi dan kontribusi yang dapat diberikan oleh difabel dalam berbagai bidang, termasuk teknologi kreatif.

Masa Depan yang Lebih Cerah:

Mandiri Sahabat Difabel Jogja memberikan dorongan positif terhadap pemikiran bahwa setiap individu, tanpa memandang latar belakang atau kemampuan fisik, memiliki potensi besar untuk mencapai kesuksesan. Melalui pelatihan keahlian ini, mereka bukan hanya memberikan keterampilan, tetapi juga membantu membentuk masa depan yang lebih inklusif dan berdaya saing tinggi bagi para difabel di Yogyakarta dan sekitarnya.

Materi Pelatihan

Pelatihan Pembuatan Animasi untuk Video Iklan atau Promosi

Animasi telah menjadi salah satu media utama dalam kampanye iklan dan promosi modern. Pelatihan dalam pembuatan animasi untuk video iklan atau promosi memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui media yang menarik dan inovatif. Dengan pemahaman yang mendalam tentang teknik animasi, mereka dapat menghasilkan konten yang berdaya saing, meresponsi tren industri, dan menyampaikan pesan yang kuat kepada audiens global.

Pengembangan Aplikasi Mobile dengan Flutter

Perkembangan teknologi mobile telah mengubah lanskap digital, menciptakan peluang baru untuk inovasi dan kewirausahaan. Pelatihan dalam pengembangan aplikasi mobile dengan Flutter memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk terlibat dalam pembuatan solusi teknologi yang relevan dan berdampak. Dengan memperoleh keterampilan dalam pengembangan aplikasi, mereka dapat menciptakan produk yang mengatasi tantangan nyata dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

Pengembangan Aplikasi Web dengan Laravel

Website telah menjadi jendela utama untuk berbagai bisnis dan organisasi di era digital saat ini. Melalui pelatihan pengembangan aplikasi web, penyandang disabilitas dapat mengasah keterampilan dalam merancang, mengembangkan, dan memelihara website yang interaktif dan responsif. Pengetahuan ini tidak hanya memberdayakan mereka untuk mengikuti perubahan tren teknologi, tetapi juga membuka peluang kewirausahaan dan kerjasama lintas sektor yang berkelanjutan.

Digital Marketing

Digital marketing memainkan peran kunci dalam strategi pemasaran modern, memungkinkan bisnis untuk terhubung dengan audiens global secara efektif. Pelatihan dalam digital marketing memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk menguasai strategi pemasaran digital yang inovatif dan berkelanjutan. Pengetahuan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan mereka dalam mempromosikan produk dan layanan, tetapi juga membantu membangun citra merek yang kuat dan berkelanjutan di tengah persaingan global yang semakin ketat.

Podcast

Podcast telah menjadi platform yang kuat untuk menyampaikan cerita dan informasi kepada audiens yang luas. Pelatihan dalam produksi podcast memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk mengungkapkan ide-ide kreatif mereka dan berbagi pengalaman unik mereka melalui medium audio yang menarik. Dengan menguasai keterampilan ini, mereka dapat membangun jejaring yang luas, menginspirasi orang lain, dan memperluas dampak positif mereka dalam masyarakat.

Kriteria Peserta

Kriteria Peserta untuk Pelatihan Pembuatan Animasi untuk Video Iklan atau Promosi:

  • Kreativitas dan imajinasi yang kuat.
  • Minat dalam desain grafis dan animasi.
  • Pengetahuan dasar tentang perangkat lunak desain grafis adalah sebuah keuntungan.

Kriteria Peserta untuk Pelatihan Pengembangan Aplikasi Mobile dengan Flutter:

  • Pemahaman dasar tentang bahasa pemrograman
  • Ketertarikan yang kuat dalam pengembangan aplikasi mobile.
  • Kemampuan untuk memecahkan masalah secara kreatif dan logis.

Kriteria Peserta untuk Pelatihan Pengembangan Aplikasi Web:

  • Pengetahuan dasar tentang HTML, CSS, dan JavaScript diharapkan.
  • Minat dalam merancang dan mengembangkan antarmuka pengguna yang menarik dan fungsional.
  • Kemampuan untuk bekerja dengan detail dan fokus yang tinggi.

Kriteria Peserta untuk Pelatihan Digital Marketing:

  • Pemahaman dasar tentang media sosial dan platform pemasaran digital.
  • Kemampuan analitis yang baik untuk memahami tren dan perilaku konsumen.
  • Kreativitas dalam merancang strategi pemasaran yang efektif.

Kriteria Peserta untuk Pelatihan Membuat Podcast:

  • Kemampuan berbicara secara jelas dan menarik.
  • Pemahaman dasar tentang penggunaan perangkat lunak penyuntingan audio.
  • Ketertarikan dalam penyampaian cerita atau informasi melalui medium audio.

KPI Kegiatan

Tentu, berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang KPI yang dapat dicapai oleh peserta setiap pelatihan yang dilakukan seminggu sekali selama 3 bulan:

Pelatihan Pembuatan Animasi untuk Video Iklan atau Promosi:

  • Mampu membuat animasi sederhana untuk iklan atau promosi produk:
    • Peserta dapat menghasilkan setidaknya dua animasi pendek yang relevan dengan konteks iklan atau promosi.
  • Memahami prinsip dasar animasi dan penggunaan perangkat lunak animasi:
    • Peserta dapat menjelaskan prinsip-prinsip dasar animasi seperti timing, spacing, dan squash and stretch.
    • Peserta juga mampu mengoperasikan perangkat lunak animasi dasar untuk membuat animasi sederhana.
  • Menunjukkan keterampilan kreatif dalam merancang konten visual yang menarik:
    • Peserta dapat menghasilkan animasi yang menarik secara visual dan relevan dengan tujuan iklan atau promosi yang ditetapkan.

Pelatihan Pengembangan Aplikasi Mobile dengan Flutter:

  • Mampu mengembangkan aplikasi sederhana dengan antarmuka pengguna yang responsif menggunakan Flutter:
    • Peserta dapat membuat aplikasi sederhana yang berfungsi dengan baik di berbagai perangkat dengan tampilan yang responsif.
  • Memiliki pemahaman yang kuat tentang struktur kode dan logika pemrograman dalam Flutter:
    • Peserta dapat menjelaskan struktur dasar kode dalam Flutter dan menerapkannya secara efektif dalam pengembangan aplikasi.
  • Mampu mengintegrasikan fitur-fitur dasar, seperti penggunaan API dan manajemen data:
    • Peserta dapat mengintegrasikan API sederhana dan mengelola data yang diambil dari sumber eksternal ke dalam aplikasi yang dikembangkan.

Pelatihan Pengembangan Aplikasi Web:

  • Mampu merancang dan mengembangkan website sederhana dengan HTML, CSS, dan JavaScript:
    • Peserta dapat membuat halaman web sederhana yang berfungsi menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript.
  • Menunjukkan kemampuan dalam membangun antarmuka pengguna yang menarik dan responsif:
    • Peserta dapat membuat antarmuka pengguna yang menarik dengan responsif untuk berbagai perangkat.
  • Memahami konsep dasar pengoptimalan SEO untuk meningkatkan visibilitas website:
    • Peserta dapat menerapkan prinsip dasar SEO dalam pengembangan website untuk meningkatkan peringkat dan visibilitas di mesin pencari.

Pelatihan Digital Marketing:

  • Mampu merencanakan dan melaksanakan kampanye pemasaran digital melalui platform media sosial dan periklanan online:
    • Peserta dapat merencanakan dan meluncurkan setidaknya satu kampanye pemasaran digital yang berhasil melalui platform media sosial dan iklan online.
  • Memahami metrik kinerja kunci dan dapat menganalisis data untuk meningkatkan efektivitas kampanye:
    • Peserta dapat menganalisis data kampanye secara efektif dan mengidentifikasi area untuk peningkatan berdasarkan metrik kinerja kunci yang relevan.
  • Meningkatkan keterlibatan audiens dan menghasilkan konversi yang lebih tinggi melalui strategi pemasaran yang tepat:
    • Peserta dapat meningkatkan keterlibatan audiens dan menghasilkan konversi yang lebih tinggi melalui pengoptimalan strategi pemasaran yang telah dipelajari selama pelatihan.

Pelatihan Membuat Podcast:

  • Mampu membuat dan mengedit podcast berkualitas dengan menggunakan perangkat lunak penyuntingan audio:
    • Peserta dapat membuat setidaknya tiga episode podcast yang berkualitas dan dapat diedit dengan baik menggunakan perangkat lunak penyuntingan audio.
  • Meningkatkan keterampilan berbicara di depan mikrofon dan membangun gaya bercerita yang menarik:
    • Peserta dapat memperbaiki kemampuan berbicara di depan umum dan mengembangkan gaya bercerita yang menarik melalui latihan dan umpan balik yang diberikan selama pelatihan.
  • Meningkatkan jumlah pendengar dan keterlibatan audiens melalui konten podcast yang berkualitas dan strategi promosi yang efektif:
    • Peserta dapat meningkatkan jumlah pendengar dan keterlibatan audiens melalui konten podcast yang relevan dan strategi promosi yang telah dipelajari selama pelatihan.

Dengan memperhatikan pencapaian KPI ini, peserta dapat secara konkret menilai kemajuan mereka dan mengukur tingkat keberhasilan dalam menguasai keterampilan baru yang diperoleh selama pelatihan.

Silabus Pelatihan

Silabus Pelatihan Pembuatan Animasi untuk Video Iklan atau Promosi (12 Pertemuan):

  • Pertemuan 1-2: Pengenalan tentang Prinsip Dasar Animasi
    • Pengantar tentang prinsip dasar animasi.
    • Pengenalan tentang aplikasi dan perangkat lunak animasi.
    • Latihan penggunaan alat dasar dalam perangkat lunak animasi.
  • Pertemuan 3-4: Penggunaan Perangkat Lunak Animasi Dasar
    • Pelatihan lebih lanjut tentang fitur-fitur perangkat lunak animasi.
    • Praktek membuat animasi sederhana menggunakan perangkat lunak.
  • Pertemuan 5: Pemahaman tentang Tujuan Iklan atau Promosi
    • Diskusi tentang strategi iklan dan promosi yang efektif.
    • Pemahaman tentang target audiens dan pesan yang ingin disampaikan.
  • Pertemuan 6-8: Teknik Membuat Animasi Sederhana untuk Iklan
    • Panduan langkah demi langkah dalam membuat animasi iklan.
    • Latihan membuat animasi dengan skenario yang ditentukan.
  • Pertemuan 9-10: Meningkatkan Kreativitas dalam Pembuatan Animasi
    • Latihan pengembangan keterampilan kreatif dalam membuat animasi yang menarik.
    • Peningkatan kualitas animasi melalui penambahan detail dan efek khusus.
  • Pertemuan 11-12: Penilaian dan Presentasi Proyek Akhir
    • Penilaian kinerja dan hasil akhir dari proyek animasi yang telah dibuat.
    • Presentasi proyek kepada kelompok dan pengajar.

Silabus Pelatihan Pengembangan Aplikasi Mobile dengan Flutter (12 Pertemuan):

  • Pertemuan 1-2: Pengenalan tentang Flutter dan Dart Programming
    • Pengantar tentang Flutter dan struktur dasar aplikasi.
    • Pengenalan tentang bahasa pemrograman Dart.
  • Pertemuan 3-4: UI/UX Design dalam Pengembangan Aplikasi Mobile
    • Prinsip desain antarmuka pengguna yang efektif.
    • Latihan merancang tata letak antarmuka pengguna yang responsif.
  • Pertemuan 5-6: Penggunaan API dalam Pengembangan Aplikasi
    • Pemahaman tentang penggunaan API dan integrasi data dalam aplikasi.
    • Praktek mengintegrasikan API sederhana ke dalam proyek aplikasi.
  • Pertemuan 7-9: Membangun Aplikasi Sederhana dengan Flutter
    • Panduan langkah demi langkah dalam membangun aplikasi sederhana.
    • Latihan membuat aplikasi dengan fitur dasar menggunakan Flutter.
  • Pertemuan 10-11: Pengoptimalan Aplikasi untuk Berbagai Perangkat
    • Diskusi tentang pengoptimalan antarmuka pengguna untuk berbagai ukuran layar.
    • Pengenalan tentang praktek terbaik dalam mengoptimalkan kinerja aplikasi.
  • Pertemuan 12: Penilaian dan Presentasi Proyek Akhir
    • Evaluasi proyek aplikasi yang telah dikembangkan selama pelatihan.
    • Presentasi hasil aplikasi kepada kelompok dan pengajar.

Silabus Pelatihan Pengembangan Aplikasi Web (12 Pertemuan):

  • Pertemuan 1-3: Dasar-dasar HTML, CSS, dan JavaScript
    • Pengenalan tentang struktur dasar HTML.
    • Pembelajaran dasar tentang styling menggunakan CSS.
    • Pengantar tentang JavaScript dan penggunaannya dalam pengembangan web.
  • Pertemuan 4-5: Desain Antarmuka Pengguna yang Menarik
    • Pengenalan tentang prinsip desain antarmuka pengguna yang menarik.
    • Latihan dalam merancang antarmuka pengguna yang responsif.
  • Pertemuan 6-7: Penggunaan Framework Web dalam Pengembangan Aplikasi
    • Pengenalan tentang penggunaan framework seperti Bootstrap.
    • Praktek menggunakan framework untuk mempercepat pengembangan aplikasi web.
  • Pertemuan 8-9: Implementasi SEO pada Website
    • Pemahaman tentang pentingnya optimisasi mesin telusur (SEO).
    • Panduan langkah demi langkah dalam mengoptimalkan SEO pada website.
  • Pertemuan 10-11: Membangun Website Responsif
    • Latihan dalam membangun website yang responsif untuk berbagai perangkat.
    • Peningkatan keterampilan dalam menyesuaikan tata letak untuk pengalaman pengguna yang optimal.
  • Pertemuan 12: Penilaian dan Presentasi Proyek Akhir
    • Penilaian kinerja dan hasil akhir dari proyek pengembangan website.
    • Presentasi website kepada kelompok dan pengajar.

Silabus Pelatihan Digital Marketing (12 Pertemuan):

  • Pertemuan 1-2: Pengenalan tentang Digital Marketing dan Strategi
    • Pengantar tentang konsep dasar pemasaran digital.
    • Pembahasan strategi pemasaran yang efektif dalam lingkup digital.
  • Pertemuan 3-5: Pemasaran Melalui Media Sosial
    • Penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran yang efektif.
    • Latihan merancang dan meluncurkan kampanye pemasaran melalui platform media sosial.
  • Pertemuan 6-8: Periklanan Online dan Penggunaan Google Ads
    • Pengenalan tentang iklan online dan penggunaan Google Ads.
    • Panduan langkah demi langkah dalam membuat dan mengelola kampanye iklan online.
  • Pertemuan 9-10: Analisis Data dan Kinerja Kampanye
    • Pemahaman tentang metrik kinerja kunci (KPI) dalam digital marketing.
    • Praktek dalam menganalisis data untuk meningkatkan efektivitas kampanye.
  • Pertemuan 11: Peningkatan Keterlibatan dan Konversi
    • Diskusi tentang strategi untuk meningkatkan keterlibatan dan konversi.

Jadwal Pelatihan

Pembuatan Animasi untuk Video Iklan atau Promosi:

  • Hari: Senin dan Rabu
  • Waktu: 09.00-11.00
  • Durasi: 3 bulan (12 minggu)
  • Lokasi: Ruang Pelatihan A

Jadwal Pertemuan:

  • Minggu 1-2: Pengenalan tentang Prinsip Dasar Animasi
  • Minggu 3-4: Penggunaan Perangkat Lunak Animasi Dasar
  • Minggu 5: Pemahaman tentang Tujuan Iklan atau Promosi
  • Minggu 6-8: Teknik Membuat Animasi Sederhana untuk Iklan
  • Minggu 9-10: Meningkatkan Kreativitas dalam Pembuatan Animasi
  • Minggu 11-12: Penilaian dan Presentasi Proyek Akhir

Pengembangan Aplikasi Mobile dengan Flutter:

  • Hari: Selasa dan Kamis
  • Waktu: 13.00-15.00
  • Durasi: 3 bulan (12 minggu)
  • Lokasi: Ruang Pelatihan B

Jadwal Pertemuan:

  • Minggu 1-2: Pengenalan tentang Flutter dan Dart Programming
  • Minggu 3-4: UI/UX Design dalam Pengembangan Aplikasi Mobile
  • Minggu 5-6: Penggunaan API dalam Pengembangan Aplikasi
  • Minggu 7-9: Membangun Aplikasi Sederhana dengan Flutter
  • Minggu 10-11: Pengoptimalan Aplikasi untuk Berbagai Perangkat
  • Minggu 12: Penilaian dan Presentasi Proyek Akhir

Pengembangan Aplikasi Web:

  • Hari: Rabu dan Jumat
  • Waktu: 10.00-12.00
  • Durasi: 3 bulan (12 minggu)
  • Lokasi: Ruang Pelatihan C

Jadwal Pertemuan:

  • Minggu 1-3: Dasar-dasar HTML, CSS, dan JavaScript
  • Minggu 4-5: Desain Antarmuka Pengguna yang Menarik
  • Minggu 6-7: Penggunaan Framework Web dalam Pengembangan Aplikasi
  • Minggu 8-9: Implementasi SEO pada Website
  • Minggu 10-11: Membangun Website Responsif
  • Minggu 12: Penilaian dan Presentasi Proyek Akhir

Jadwal Pelatihan Digital Marketing:

  • Hari: Senin dan Kamis
  • Waktu: 15.00-17.00
  • Durasi: 3 bulan (12 minggu)
  • Lokasi: Ruang Pelatihan D

Jadwal Pertemuan:

  • Minggu 1-2: Pengenalan tentang Digital Marketing dan Strategi
  • Minggu 3-5: Pemasaran Melalui Media Sosial
  • Minggu 6-8: Periklanan Online dan Penggunaan Google Ads
  • Minggu 9-10: Analisis Data dan Kinerja Kampanye
  • Minggu 11: Peningkatan Keterlibatan dan Konversi
  • Minggu 12: Penilaian dan Presentasi Proyek Akhir

Jadwal Pelatihan Membuat Podcast:

  • Hari: Selasa dan Jumat
  • Waktu: 11.00-13.00
  • Durasi: 3 bulan (12 minggu)
  • Lokasi: Ruang Pelatihan E

Jadwal Pertemuan:

  • Minggu 1-2: Pengenalan tentang Dunia Podcast
  • Minggu 3-4: Perekaman dan Penyuntingan Audio Dasar
  • Minggu 5-7: Pengembangan Gaya Bercerita yang Menarik
  • Minggu 8-9: Penyampaian Pesan yang Efektif dalam Podcast
  • Minggu 10-11: Strategi Promosi dan Pemasaran Podcast
  • Minggu 12: Penilaian dan Presentasi Proyek Akhir

Kegiatan Pendampingan 3 Bulan

Kegiatan Magang dalam Konsep Pendampingan Kompetensi:

  1. Pengenalan Lingkungan Kerja: Peserta magang akan diperkenalkan dengan lingkungan kerja yang sesungguhnya. Mereka akan diberi penjelasan mengenai struktur organisasi, kebijakan perusahaan, dan prosedur kerja yang berlaku.
  2. Observasi dan Pembelajaran Praktis: Peserta magang akan diberikan kesempatan untuk mengamati dan belajar secara praktis di berbagai departemen atau divisi terkait dengan pelatihan yang mereka ikuti sebelumnya. Mereka akan diberikan tugas-tugas sederhana terkait dengan bidang yang mereka minati.
  3. Partisipasi dalam Proyek Tim: Peserta magang akan diajak untuk berpartisipasi dalam proyek-proyek tim yang sedang berjalan. Mereka akan diberikan tanggung jawab yang sesuai dengan tingkat keterampilan dan pengetahuan mereka, dan akan dibimbing secara intensif oleh supervisor atau mentor.
  4. Pelatihan Lanjutan dan Workshop: Selama masa magang, peserta akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan lanjutan dan workshop yang akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka di bidang yang terkait dengan program pelatihan sebelumnya.
  5. Mentoring dan Evaluasi Berkala: Setiap peserta magang akan diberikan seorang mentor yang akan membimbing mereka dalam menghadapi tantangan dan memberikan saran atau umpan balik yang berguna. Evaluasi berkala akan dilakukan untuk memantau kemajuan peserta magang dan memberikan arahan untuk pengembangan lebih lanjut.
  6. Proyek Mandiri dan Presentasi: Pada akhir masa magang, peserta akan diminta untuk mengembangkan proyek mandiri yang menunjukkan penerapan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari selama pelatihan dan magang. Mereka akan diminta untuk mempresentasikan proyek mereka di hadapan tim manajemen dan mendapatkan umpan balik serta penilaian atas kinerja mereka selama masa magang.
  7. Networking dan Pengembangan Profesional: Peserta magang akan diajak untuk terlibat dalam kegiatan jaringan profesional dan pengembangan diri, seperti seminar, konferensi, atau pertemuan industri. Hal ini akan membantu mereka untuk memperluas jaringan profesional mereka dan memahami lebih baik tentang peluang karir di bidang yang mereka minati.

Dengan adanya kegiatan magang yang terstruktur dan beragam, peserta magang akan dapat mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh selama pelatihan, mengembangkan keterampilan praktis, dan mempersiapkan diri mereka untuk memasuki dunia kerja dengan percaya diri dan kesiapan yang baik.

Artikel ini ditayangkan juga di KOMPASIANA

×

Halo !

Klik Admin Kami di Bawah ini untuk Terhubung ke WhatsApp !

× Yuk Pesan Sekarang !